19 Desember 2008

Blog lebih baik dari pada website ?

  • Budaya Blog
Sebenarnya blog adalah sebuah website, kenapa demikian? karena blog adalah sebuah halaman yang dapat ditampilkan lewat media browser internet. Dalam bentuk apapun jika dapat ditampilkan dengan media browser adalah sebuah halaman website, baik itu berbentuk mesin pencari, situs toko, situs komunitas, situs informasi dan sebagainya. Ada hal yang lain yang begitu istimewa yang membedakan antara sebuah blogg dengan website lainnya, yaitu sebuah blog adalah sebuah halaman website yang dinamis bukan statis, yang membuat blog lebih dicintai oleh mesin pencari.
Sebuah blog adalah tempat untuk menuliskan ide, menuliskan berita, menulikan pengalaman dan menuliskan harapan sehingga kegiatan seperti ini akan menumbuhkan rasa kebahagiaan tersendiri, tak jarang para blogger akan bertahan terus dalam kegiatan ini walaupun tanpa mendapatkan imbalan apapun.
Sebenarnya blog adalah sebuah ajang untuk berkreasi.
  • Ciri khas Blog
Artikel ditampilkan secara kronologis
Yaitu artikel ditampilkan secara berurutan menurut waktu penerbitannya (penulisannya), artikel yang terbaru akan diposisikan paling atas kemudian berurutan menuju artikel yang lebih lama, karena sebuah blogg pada hakikatnya adalah perkembangan dari sebuah jurnal atau diary online. Sehingga sebuah blog adalah sebuah website yang dinamis karena kontennya selalu berubah-ubah, tak seperti website normal yang halamannya tak pernah berubah. Hal inilah yang menyebabkan kepopuleran blog melebihi blog statis.
Adanya ruang untuk berkomentar
Sebuah ruang komentar selalu ada dalam setiap artikel (content) yang ditulis, inilah kekuatan dari sebuah blog sebagai media untuk membuat jaringan pertemanan. Ruang komentar menjadi alat komunikasi dua arah, para pembaca bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis content, membawa pembicaraan yang dimulai dari sebuah artikel menjadi sebuah komunitas.
Kemudahan dalam posting
Website biasa (tradisional) mempunyai satu masalah kronis yaitu terlalu teknis, yang menghalangi orang untuk menambahkan content baru, meskipun sudah CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih diluar jangkauan pengguna web awam. Dengan blog maka maka masalah ini bisa teratasi. Blog menyediakan sebuah sistem publikasi content yang begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web, dengan sedikit latihan saja para blogger sudah bisa mempublikasikan content ke World Wide Web.
Sering terupdate
Karena kemudahan posting dan adanya komentar dalam sebuah blog maka seringkali sebuah blog akan terupdate berulang kali dalam sehari, dengan asumsi bahwa isi content bernilai dan konsisten maka secara otomatis para pengunjung akan berulangkali ‘mampir’ karena mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan yang berarti akan meningkatkan traffic dan rangking pada mesin pencari.Dan perkecualian untuk blog malas yang tak pernah di update ataupun tak pernah diisi konten maka layaknya seperti website statis dan ditinggalkan oleh mesin pencari.

Jika ciri khas blog di atas dikombinasikan maka sebuah blog mempunyai kekuatan yang luar biasa, tidak hanya sebagai tempat bersenang-senang untuk mengekspresikan ide tetapi lebih dari itu yaitu sebagai ruang pemasaran produk yang potensial. Sebuah blog relatif lebih cepat mendapatkan perhatian daripada website normal. Sebuah blog akan semakin meningkat pengunjungnya jika mempunyai content bernilai dan dibutuhkan. Karena adanya ruang komentar maka sebuah blog sangat cepat sekali membangun sebuah komunitas di dunia cyber. Inilah yang menjadi perhatian khusus oleh para pebisnis dan pemasar internet terhadap sebuah blog.

1 Komentar:

 
Copyright © . Yoyok Rohani - Posts · Comments
Tanks to BT Designer · Blogger