01 April 2013

Timun Laut, Hewan Laut dengan Segudang Manfaat

Timun laut yang dikenal dengan sea cucumber adalah seekor hewan meskipun bentuknya seperti timun namun termasuk hewan invertebrata sehingga tubuhnya lunak tak seperti mentimun yang keras. Hewan ini terdapat. Pada suku melayu, timun laut dikenal dengan nama teripang dan ada juga yang menyebut gamat.
Pada masa lalu timun laut digunakan untuk penyembuhan luka, seperti terkena senjata tajam dan luka setelah khitan, untuk perbekalan perang agar jika prajurit terluka dengan diolesi cairan timun laut maka luka tersebut segera sembuh, bahkan rebusan air timun laut diminumkan kepada wanita setelah melahirkan dengan harapan si wanita tersebut segera pulih.
Gambar Timun Laut

Saat ini timun laut telah banyak dikenal masyarakat dan telah diteliti para ahli sehingga banyak obat-obatan dengan bahan bersumber dari timun laut ini, bentuk obatnya pun bermacam-macam, ada yang berbentuk bubuk ada juga berbentuk cairan. Timun laut yang pada awalnya berbau tak sedap dan rasanya tidak enak, dengan kemajuan teknologi saat ini maka dapat diubah menjadi lebih baik sehingga menjadi obat konsumsi yang menyenangkan.
Namun demikian tidak semua timun laut dapat dikonsumsi karena sebagian besar jenis timun laut ini adalah beracun. Salah satu timun laut yang bisa dikonsumsi karena tak beracun bahkan mengandung zat-zat yang berguna adalah timun laut warna keemasan yang dikenal teripang emas/gamat emas, di dunia dikenal dengan Gamat Gold.
Dari berbagai sumber menjelaskan bahwa gamat emas mengandung zat:

  1. Glikosida dan Filinopsida A, zat ini berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.
  2. Mukopolisakarida yaitu zat anti bakteri pada pernafasan.
  3. Senyawa Fikosianin yaitu senyawa yang berguna untuk meregenerasi jaringan pada ginjal dan bersifat antioksidan.
  4. Kolagen yang berguna untuk mengobati luka pada lambung 
  5. Senyawa Chondrotin Sulfat yang mempunyai sifat anti inflamasi sehingga baik untuk tulang dan mencegah osteoporosis.
  6. Mengandung protein tinggi
Saat ini beberapa pabrik obat herbal telah memproduksi obat herbal berbahan gamat, salah satunya bermerk Gamat Gold G yang dapat didapatkan di mana saja.



0 Komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Yoyok Rohani - Posts · Comments
Tanks to BT Designer · Blogger